Shahih Bukhari Kitab Al Iman Hadits ke-50

separator

[youtube url=”https://www.youtube.com/embed/NcceJwLRAqE”]

Kajian bersama Ustadz Abu Qotadah dengan pembahasan tema “Shahih Bukhari Kitab Al Iman Hadits ke-50” adalah berkaitan tentang hadits Jibril. Hadits Jibril ini merupakan hadits yang banyak dibahas dalam kitab hadits. Dalam hadits ini diceritakan bahwa ketika Rasulullah sedang duduk bersama para sahabatnya maka datang seseorang yang kemudian bertanya tentang iman, islam, ihsan dan hari kiamat. Kemudian Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam menjawab pertanyaan orang tersebut. Setelah pertanyaannya dijawab maka orang itu pergi, setelah itu Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam memberitahu para sahabat bahwa yang datang tadi adalah malaikat Jibril. Malaikat Jibril datang untuk mengajarkan kepada mereka tentang agama mereka.

Ada alasan Imam Bukhari mencantumkan hadits Jibril ini dalam kitabul Iman. Karena secara keseluruhan hadits tentang Jibril mencakup dari semua hadits yang sudah dibahas dalam kitab al iman ini. Semua bab tentang iman dijelaskan dalam hadits Jibril ketika ia bertanya kepada Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam mengenai iman, islam, ihsan dan hari kiamat. Simak penjelasan mengenai hadits ini selengkapnya dan dapatkan faedah ilmu yang sangat banyak didalamnya.

Simak juga kajian: Surga Dunia, Hikmah Bencana Alam, Hukum Seputar Tayyamum, Shahih Bukhari Kitabul Iman Bab 18, Keberkahan Penuntut Ilmu