Shahih Bukhari: Batasan Halal Dan Haram

separator

[youtube url=”https://www.youtube.com/embed/gKnDHFLCHVo”]

Kajian bersama Ustadz Abu Qotadah dalam bahasan Shahih Bukhari Kitabul Iman Hadits ke 52 dengan tema “Batasan Halal Dan Haram.” Pada kajian ini dijelaskan bahwa hadits mengenai batasan halal dan haram ini mempunyai kedudukan yang agung dalam syariat islam.  Dikatakan memiliki kedudukan yang agung karena hadits ini berbicara tentang batasan halal dan haram yang wajib bagi setiap muslim untuk mengetahuinya. Sangat penting bagi seorang mukmin untuk mengetahui hal ini dikarenakan hukuman baik didunia maupun didunia berkaitan dengan pelanggaran terhadap batasan halal dan haram yang dilakukan oleh seseorang. Ketika seorang hamba melakukan pelanggaran maka Allah akan menurunkan adzab. Allah berfiman:

إِنَّ الَّذِينَ يُحَادُّونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ أُولَٰئِكَ فِي الْأَذَلِّينَ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, mereka termasuk orang-orang yang sangat hina. (QS Al Mujadilah 10).

Sesungguhnya segala bentuk adzab adalah bentuk dari kemaksiatan. Allah berfirman:

فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَٰكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

Artinya: Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.(QS Al An-Kabut 40)

Contoh Melanggar Batasan Halal dan Haram

Yang pertama apabila melakukan wudhu tanpa memperhatikan anggota badannya. Dalam hadits disebutkan celaka tumit seseorang yang tidak disentuh air ketika wudhu, maka bagian tumit itu akan disentuh api neraka. Contoh yang kedua disebutkan dalam suatu hadits bahwa barangsiapa yang banyak meminta-minta maka kelak di yaumul qiyamah ia akan dibangkitkan dalam keadaan tidak berdaging wajahnya. Ini adalah bentuk hukuman karena haram hukumnya meminta-minta. Kemudian contoh yang lain adalah barangsiapa yang mengambil sejengkal tanah dengan cara yang dholim maka di hari kiamat akan dikalungkan padanya tujuh lapisan bumi.

Simak juga kajian : Surga DuniaHikmah Bencana AlamHukum Seputar TayammumShahih Bukhari Kitabul Iman Bab 18 Hadits ke 26Keberkahan Penuntut IlmuShahih Bukhari Kitab Al Iman Hadits ke-50, Kematian Itu Pasti