sebab-akibat-bencana

Kajian bersama Ustadz Heri Iman dengan tema “Sebab Akibat Bencana” bertempat di masjid Aisyah Tasikmalaya. Saat ini banyak sekali kita dengar bencana terjadi di negri kita, baik itu gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, angina topan, bahkan yang terakhir kita dengar ada likuefaksi. Dalam kajian ini dibahas tentang sebab akibat bencana yang disebutkan dalam ayat Al Qur’an beserta penjelasannya.

Sebab akibat bencana sebagai hukuman dari Allah

Allah berfirman:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ  وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Artinya: Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS Al A’raf 96)

Sesungguhnya sebab akibat bencana dan musibah yang ditimpakan kepada manusia, serta dicabutnya keberkahan dari suatu negri itu adalah sebagian dari hukuman Allah. Dikatakan sebagian karena seandainya Allah menghukum setiap orang yang melakukan kesalahan maka tidak akan tersisa umat manusia dimuka bumi. Karena manusia adalah tempatnya salah dan dosa, Allah dengan hikmahnya hanya menimpakan sebagian hukuman sebagai peringatan. Maka sebab terjadi bencana adalah akibat dari mendustakan Allah, manusia tidak beriman dan bertakwa kepada Allah.

Sebab akibat bencana karena tidak melakukan amal ma’ruf nahi mungkar.

Allah berfirman:

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya: Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. (QS Al Anfal 25)

Dari ayat diatas disebutkan bahwa hukuman Allah tidak hanya diberikan kepada orang yang dholim saja. Sebab akibat bencana juga terjadi karena kita hidup ditengah-tengah orang yang banyak berbuat dosa akan tetapi kita tidak berusaha untuk amal ma’ruf nahi mungkar. Oleh karena itu untuk menghindari sebab akibat bencana semacam ini hendaknya apabila kita melihat kemungkaran disekitar kita maka kita berusaha untuk memperbaikinya semampu kita.

Sebab akibat bencana  sebagai ujian bagi orang yang beriman.

Allah berfirman:

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

Artinya: Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? (QS Al ‘Ankabut 2)

Dari ayat diatas dapat diambil pelajaran bahwa salah satu dari sebab akibat bencana adalah sebagai ujian. Setiap manusia yang mengaku dirinya beriman maka pasti Allah akan mengujinya. Seperti Allah telah menguji orang orang sebelum mereka sehingga Allah mengetahui siapa yang jujur keimanannya dan siapa yang berdusta.

Simak juga kajian: Hikmah Bencana AlamKeberkahan Penuntut IlmuKematian Itu Pasti

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.