keutamaan-ilmu

Keutamaan ilmu

Kajian bersama Ustadz Abu Qotadah Pembahasan Kitab Shahih Bukhari Bab Ilmu Hadits No. 62-63 dengan tema “Keutamaan Ilmu”. Ilmu merupakan hal yang paling penting bagi seorang mukmin. Salah satu keutamaan Ilmu adalah dengan ilmu seorang mukmin dapat melaksanakan ibadah dengan benar. Kemudian keutamaan ilmu yang lain adalah dengan ilmu seorang mukmin dapat mengetahui mana yang haram dan yang halal. Salah satu dasar yang menunjukkan keutamaan ilmu adalah Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam ketika beliau berdoa maka beliau meminta agar diberikan ilmu yang bermanfaat. Beliau tidak meminta harta ataupun kedudukan kepada Allah.

Metode Pengajaran Rasul

Untuk mendapatkan keutamaan ilmu tersebut seorang mukmin wajib untuk menuntut ilmu. Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam mengajarkan ilmu kepada para sahabatnya. Salah satu metode pengajaran yang dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam adalah dengan memberikan pertanyaan kepada para sahabat. Bertanya yang dimaksud disini bukan menanyakan hal yang sudah diberitahukan sebelumnya. Akan tetapi menanyakan hal baru untuk mengetahui kemampuan berfikir dari para muridnya. Bagaimana cara mereka mengambil kesimpulan dan menyelesaikan suatu persoalan. Pola pengajaran Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam yang lain adalah dengan memberikan perumpamaan agar suatu penjelasan lebih mudah untuk dipahami. Contohnya dari riwayat Ibnu Umar, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam berkata: “Diantara pohon ada sebuah pohon yang tidak jatuh daunnya. Itu adalah perumpamaan seorang muslim. Pohon apakah itu?”

Dalam riwayat tersebut disebutkan bahwa Ibnu umar yang ketika itu masih anak-anak berada di majelis ilmu Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam bersama para sahabat radhiallahu anhum. Hal ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk mengenalkan ilmu kepada anak anak. Sehingga penting bagi para orang tua untuk mengajak anaknya untuk menghadiri majelis ilmu. Simak kajian ini selengkapnya dan dapatkan faedah ilmu yang banyak didalamnya.

Simak pula kajian Abu Qotadah :Surga DuniaHikmah Bencana AlamHukum Seputar TayammumShahih Bukhari Kitabul Iman Bab 18 Hadits ke 26Keberkahan Penuntut IlmuShahih Bukhari Kitab Al Iman Hadits ke-50Kematian Itu Pasti

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.