kematian-itu-pasti

Kajian Bersama Ustadz Abu Qotadah dengan tema “Kematian Itu Pasti” membahas hadits aqidah. Hadits yang diriwayatkan dari Jabir Abu Abdillah Radhiallahu Anhu ini berkaitan dengan kematian. Dalam hadits ini diriwayatkan bahwa Rasulullah Shalallhu’alaihi Wassalam bersabda: “Semua manusia akan dibangkitkan dari alam kubur pada hari kiamat sebagaimana kondisi ketika dia mati”. Dalam Hadits ini akan dipelajari bahwa ketika manusia dikumpulkan di padang mahsyar dari alam kubur, maka manusia terbagi dalam beberapa macam.

Bahasan kajian kali ini berkaitan dengan keimanan terhadap kematian dan bagaimana seseorang mati. Semua manusia mengetahui bahwa kematian itu pasti, karena semua yang hidup pasti akan mati. Pada saat ini semakin banyak manusia yang was-was hidupnya. Setiap diantara kita sudah ditimpa penyakit takut mati walaupun mengetahui bahwa kematian itu pasti, karena cinta dunia. Banyak manusia yang merasa was was ketika melihat banyak musibah dan bencana alam yang terjadi. Timbul rasa takut ketika mendengar berita tentang gempa bumi, gunung meletus, tsunami, atau banjir bandang. Begitu pula ketika banyak berita tentang jatuhnya pesawat, kecelakaan kereta api, tenggelamnya kapal atau kecelakaan yang dialami oleh kendaraan bermotor.Hati menjadi tidak tenang ketika akan berpergian karena was-was akan terjadi kecelakaan. Selain itu banyaknya penyakit yang diberitakan berbahaya dan dapat mengancam hidup manusia juga membuat banyak manusia merasa was-was hidupnya.

Dengan banyaknya was-was yang dirasakan jiwa menjadikan kehidupan tidak tenang. Sesungguhnya pencabutan rasa tenang dari jiwa manusia merupakan adzab dari Allah. Dan yang akan dapat menenangkan jiwa dari rasa takut dan was-was adalah dzikir mengingat Allah. Kematian itu pasti, lalu apa yang yang harus dilakukan orang-orang mukmin ketika berbicara tentang kematian? Simak kajian ini selengkapnya dan dapatkan faedah ilmu yang bermanfaat didalamnya.

Simak juga kajian di mgi tv lainnya: Surga Dunia, Hikmah Bencana Alam, Hukum Seputar TayammumShahih Bukhari Kitabul Iman Bab 18 Hadits ke 26Keberkahan Penuntut IlmuShahih Bukhari Kitab Al Iman Hadits ke-50

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.