hak-hak-ilmu-ustadz-abu-yala-kurnaedi

Kajian bersama Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. membahas tema mengenai “Hak-hak Ilmu”

Ilmu sangatlah penting untuk dimiliki oleh manusia. Ilmu tentang dunia adalah hal yang tidak dilarang akan tetapi dimata Allah Ilmu yang terpenting adalah ilmu agama. Didalam ilmu tentang agama kita akan mengetahui tentang tauhid, tentang bagaimana melaksanakan shalat, serta mengetahui mana yang haram dan yang halal. Sangat disayangkan sekarang ini banyak kita jumpai saudara kita yang mempunyai gelar yang sangat panjang dan dengan ilmu yang banyak akan tetapi pengetahuan mereka terhadap ilmu tentang agama sangatlah sedikit. Mereka tidak mengerti bagaimana cara wudhu dengan benar, maka bagaimana dengan shalatnya. Bahkan ketika mereka telah menjadi sukses dalam kehidupan dunianya hal itu tidaklah bermanfaat bagi dirinya. Mereka terlena akan dunia sehingga lupa akan akhiratnya.

Ilmu tentang agama sangatlah penting dan wajib bagi setiap muslim untuk menuntut Ilmu. Bahkan ketika seorang muslim berjalan menuntut ilmu maka setiap langkahnya akan dihitung pahala karena begitu mulianya menuntut ilmu dalam islam. Ilmu tentang agama akan memberi pengetahuan kepada kita tentang jalan menuju surga Allah. Bagaimana kita akan mempersiapkan bekal untuk akhirat apabila kita tidak mempunyai ilmu tentang agama. Bagaimana kita akan meraih cinta Allah apabila kita tidak tahu ilmu agama, tentang bagaimana beribadah kepada Allah.

Ilmu tentang agama akan menambah rasa takut kita kepada Allah ketika kita melakukan maksiat kepada-Nya. Ilmu agama adalah warisan dari para nabi. Ilmu agama yang bermanfaat lebih berharga daripada dunia dan seisinya. Ketika seorang anak yang hanya diberi pendidikan dunia maka itu tidak akan memberi manfaat kepada kedua orang tuanya. Sedangkan anak yang diberi pendidikan tentang agama sedari kecil dia akan tahu bagaimana menyayangi kedua orang tuanya,  berbakti dan mendoakan orang tuanya ketika mereka sudah tiada. Lalu apa saja keutamaan dari ilmu dan hak-hak ilmu yang perlu kita ketahui? Simak kajian selengkapnya dan dapatkan faedah ilmu yang banyak didalamnya.

simak juga kajian: hikmah bencana alam, hindari rasa aman dan takut

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.