hidup-di-dunia-hanya-sebentar

Kajian bersama Ustadz Badruslam yang diselenggarakan di masjid agung Ciamis dengan tema “Hidup Didunia Hanya Sebentar”. Kita hidup didunia tidak akan mungkin selamanya, hidup didunia hanya sebentar saja. Kemudian semua akan pasti merasakan kematian. Allah berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ

Artinya: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati (QS. Ali Imran 185).

Allah berfirman kepada Rasulnya “Sesungguhnya engkau Muhammad akan meningggal dunia dan mereka pun akan meninggal dunia”. Kita hidup didunia hanya sebentar, perjalanan ini hanya sementara kemudian kita akan meninggal dunia. Kita akan berpindah ke alam yang berbeda yaitu alam yang lebih kekal. Pilihan kita hanya ada dua, antara suraga atau neraka. Maka setiap kita hendaknya memilih kemana ia langkahkan kakinya. Apakah menuju surga ataukah ke api neraka.

Rasulullah bersabda “setiap manusia sedang pergi menjual dirinya. Apakah ia akan memerdekakan dirinya dari api neraka, ataukah menjerumuskan dirinya dalam api neraka. Setelah kita mengetahui bahwa hidup didunia hanya sebentar apa yang harus kita lakukan? Ini merupakan hal yang terpenting karena apa yang kita lakukan dalam hidup didunia yang hanya sebentar ini akan menentukan kemana kita setelah meninggal nanti. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa hidup didunia hanya sebentar saja, kemudian ia akan meninggal. Mereka tertipu dengan angan-angannya, sehingga mereka tidak bersegera dalam beramal sholeh dan bertaubat kepada Allah. Tanpa ia sadari tiba-tiba ajal menjemput sedangkan ia dalam keadaan tidak siap.

Hidup Didunia Hanya Sebentar, Bagaimanakah Menyikapinya?

Bagi kita yang menyadari bahwa hidup didunia hanya sebentar harus segera mengambil sikap. ayat. Pertama kali yang harus kita lakukan adalah menyadari hakikat dunia. Dunia adalah sesuatu yang hina dimata Allah, tidak ada satu pun ayat dalam Al Qur’an dimana Allah memuji dunia. Allah berfirman:

وَلا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَى مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ زَهْرَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَى

Artinya: Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal. (QS. Thaha 131).

Dalam ayat diatas jelas kita diperintahkan agar tidak sialu dengan dunia, karena kelak apa yang kita nikmati didunia ini akan dihisab. Lalu apa lagi sikap yang harus kita ambil setelah kita menyadari bahwa hidup didunia hanya sebentar? Simak kajian ini selengkapnya.

Simak juga kajian: Hikmah Bencana AlamKeberkahan Penuntut IlmuKematian Itu PastiSebab Akibat Bencana3 Pilar Pondasi Dalam Agama (Part 1), 3 Pilar Pondasi Dalam Agama (Part2)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.