donasi-gempa-bumi-dan-tsunami-palu-dan-donggala

Peduli Korban Gempa Bumi dan Tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah

Innalillahi wa Inna Illaihi Roji’un telah terjadi gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Gempa bumi berkekuatan 7,4SR diikuti dengan tsunami melanda pantai barat Pulau Sulawesi,bagian utara pada tanggal 28 September 2018, pukul 18.02 WITA. Pusat gempa berada di 26 km utara Donggala dan 80 km barat laut kota Palu dengan kedalaman 10 km. Gempa bumi ini memicu tsunami hingga ketinggian 1,5 meter diKota Palu. Pusat gempa bumi (episentrum) berada di darat, sekitar Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrum gempa bumi, tampak bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas di zona sesar Palu Koro. Sesar ini merupakan sesar yang teraktif di Sulawesi, dan bisa pula disebut paling aktif di Indonesia dengan pergerakan 7 cm pertahun. Gempa bumi yang terjadi “merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Palu Koro, yang dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar mengiri (slike-slip sinistral).

Akibat guncangan gempa bumi selain terjadi tsunami, beberapa saat setelah puncak gempa terjadi muncul gejala likuifaksi (pencairan tanah) yang memakan banyak korban jiwa dan material. Dua tempat yang paling nyata mengalami bencana ini adalah Kelurahan Petobo dan Perumnas Balaroa di Kota Palu. Balaroa ini terletak di tengah-tengah sesar Palu-Koro. Saat terjadinya likuifaksi, terjadi kenaikan dan penurunan muka tanah. Beberapa bagian amblas 5 meter, dan beberapa bagian naik sampai 2 meter. Di Petobo, ratusan rumah tertimbun lumpur hitam dengan tinggi 3-5 meter. Terjadi setelah gempa, tanah di daerah itu dengan lekas berubah jadi lumpur yang dengan segera menyeret bangunan-bangunan di atasnya. Di Balaroa, rumah amblas, bagai terisap ke tanah.

Musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah ini telah memakan ribuan korban jiwa dan luka-luka begitu pula yang kehilangan tempat tinggal. Untuk membantu meringankan beban saudara kita yang sedang tertimpa bencana Yayasan Ihya As Sunnah Tasikmalaya membuka donasi Peduli Gempa & Tsunami Palu Dan Donggala.

Bagi kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dalam donasi Peduli Gempa & Tsunami Palu Dan Donggala, dapat menyalurkan melalui rekening:

Bank Mandiri Kode Bank: 008

No. Rekening 131-000 1264-995

*Tambahkan angka 5 diakhir nominal transfer sebagai kode khusus infaq bantuan Peduli Sulawesi Tengah. Contoh Rp.100.005

Konfirmasi Transfer/Informasi:

Telp/SMS/WA   : 0811 227 1600

Semoga Allah mengangkat kesulitan yang dialami saudara-saudara kita yang terdampak gempa di Sulawesi Tengah. Dan semoga donasi dari kaum muslimin diterima Allah Ta’ala dan dibalas oleh-Nya dengan balasan yang terbaik. Amin.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.