Jadwal Kajian Live Streaming MGI TV

Penggunaan Jimat Jitu penglaris, Apakah Benar Bisa Datang Keberkahan ?

sebagian masyarakat juga menganggap bahwa jimat jitu untuk penglaris dagangan adalah bentuk sebuah usaha untuk mendapatkan berkah dari jual beli yang dilakukan. Benarkah demikian ?

MGI TV - Sekarang ini penggunaan jimat jitu untuk penglaris dagangan bukan hal yang aneh dan rahasia lagi di kalangan masyarakat saat ini. Bahkan, banyak orang saat ini menganggap bahwa penggunaan jimat untuk penglaris dagangan ini bukan bentuk larangan karena bagian dari usaha.

sebagian masyarakat juga menganggap bahwa jimat jitu untuk penglaris dagangan adalah bentuk sebuah usaha untuk mendapatkan berkah dari jual beli yang dilakukan. Benarkah demikian ? Simak pembahasannya dibawah ini :

Asal Datangnya Keberkahan

Keberkahan yang dijelaskan didalam Al Qur’an dan Sunnah adalah bertambahnya sebuah kebaikan atau bisa juga di artikan bertahan lama sebuah kebaikan tersebut. Tapi yang perlu dipahami adalah kebaikan itu datang dari Allah Ta’ala, bukan dari makhluk atau benda yang tidak memiliki apa-apa,  Perhatikan firman Allah ta’ala berikut ini didalam Al Qur’an surat Ali Imron ayat 26, 

“Katakanlah: “Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu” (QS. Ali Imron: 26). 

Hal ini dijelaskan juga oleh Ath Thobari rahimahumullah yang tertuang didalam Jaami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qur’an. Bahwa makna dari “di tangan Allah-lah segala kebaikan” adalah bahwa segala kebaikan itu datang dari Allah Ta’ala dan atas kuasanya lah kebaikan itu diberikan. Sehingga tidak ada orang yang bisa mendatangkan keberkahan terkecuali atas kuasa Allah ta’ala. 

Dan Allah ta’ala juga menyebutkan didalam surat An Nahl ayat 53 yaitu,

“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, Maka dari Allah-lah (datangnya)” (QS. An Nahl: 53).

Bagaimana sekarang mengerti bukan dari mana keberkahan itu berasal ? Intinya jimat tidak mendatangkan keberkahan sedikit pun. Bahkan jimat dapat menjauhkan kita dari datangnya keberkahan

Ibnul Qayyim rahimahullah didalam kitab Ad Daa’wad Dawaa halaman 113 mengatakan “Di antara akibat dari berbuat maksiat adalah hilangnya nikmat dan datangnya bencana. Tidaklah suatu nikmat itu hilang melainkan karena dosa, begitu pula halnya suatu bencana datang juga karena dosa. Dan mengangkat musibah tersebut hanyalah dengan taubat. Sebagaimana kata ‘Ali bin Abi Tholib, “Tidaklah musibah itu turun melainkan karena dosa. Musibah itu bisa terangkat hanyalah dengan taubat.”

Allah ta’ala pun berfirman di surat Asy Syura ayat 30, 

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura: 30).

Ada riwayat lain juga menjelaskan bahwa ““Barangsiapa yang menggantungkan tamimah (jimat), maka ia telah berbuat syirik” (HR. Ahmad 4: 156. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini qowiy atau kuat. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 492).

Jelas ya ! bahwa penggunaan jimat jitu tidak akan membantu pengguna nya dalam setiap urusan. Justru jimat hanya akan mendatangkan musibah dan masalah baru.

Nah, sekarang setelah kita mengerti mengenai penjelasan tersebut jangan sampai kita terjebak dalam penggunaan jimat jitu untuk menglariskan jualan.

Tapi, sekarang timbul pertanyaan. Jika penggunaan jimat jitu untuk penglaris tidak diperbolehkan, lantas bagaimana cara agar usaha berdagang laku dan berkah ? 

Cara Agar Jual Beli Berkah

Caranya yang pasti tidak datang ke dukun atau datang ke tukang sihir dengan mencari dan meminta jimat – jimat yang bentuk nya apa saja, mau itu batu, kain dan lain sebagainya. Itu tidak boleh dan terlarang !

Tapi ada 3 poin utama yang menjadi sebab datangnya keberkahan diantaranya adalah 

Pertama, Sebab Taqwa

Seperti yang difirman oleh Allah Ta’ala yaitu

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)”

Jadi, selalu bagi orang yang bertaqwa tersebut menemukan jalan keluar, sehingga sangat jelas bahwa taqwa adalah salah satu sebab yang bisa mendatangkan keberkahan.

Kedua, Selalu Berdoa di dalam Shalat

Jika kita perhatikan salah satu bacaan didalam shalat, ketika duduk diantara dua tasyahud, kita selalu membacakan doa  rabbighfirli warzuqni yang artinya adalah “Ya Allah, berikanlah aku rizki. Jadi jangan lupa berdoa disetiap shalat kita, agar perniagakan kita berkah.

Ketiga, Jual Beli Mengikuti Syariat Islam

Berdagang atau berbisnis tentu saja tidak dilakukan asal-asalan dan tidak dilakukan asal mendapatkan keuntungan. Ada aturan yang perlu di taati, Kita menginginkan keberkahan dari setiap perniagaan kita. Akan tetapi, keberkahan dari jual beli tidak bisa didapatkan jika tidak menggunakan cara-cara yang sudah di syariatkan.

Jadi jual beli harus mengikuti apa yang sudah di syariatkan seperti tidak ada ribawinya, tidak ada kedustaan, tidak ada kecurangan, tidak mengurangi takaran, tidak mengurangi timbangan. Kenapa ? Karena rizki berkah itu karena kita taat kepada Allah Ta’ala.

Jadi jika kita ingin mendapatkan keberkahan dalam jual beli adalah dengan cara belajar terlebih dahulu fiqh jual beli dan tinggalkan yang haram serta berkomitmen dengan apa yang di halalkan Allah ta’ala, maka jual beli kita akan berkah.

Setelah kita mengetahui bersama bahwa keberkahan tidak didapatkan dari jual beli yang menggunakan jimat jitu jenis apapun. Jika kita sudah memahami hal ini, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk menggunakan jimat.

 Tau tidak bahwa kami melakukan Live Streaming hampir setiap hari ? Cek aja langsung disini !

 









 

 

 

Sumber 

ASUMSI by MGI TV - Menggunakan Jimat Jitu dalam Berdagang oleh Ustadz Abu Qotadah

Cek jadwal live streaming disini & Nonton Live Streaming Disini 

Komentar 0

Tidak ada komentar