Jadwal Kajian Live Streaming MGI TV

Miras, Salah Satu Pemicu Tindak Kejahatan

Miras menjadi salah satu pemicu tindak kejahatan. Fenomena ini menjadi masalah serius dan perlu kerjasama dari berbagai pihak untuk mengatasi fenomena ini.

Seperti yang kita tau bahwasannya khamr itu diharamkan oleh Allah Ta'ala, sebenarnya proses pengharaman khamr ini ada 4 tahapan pengharaman khamr dan ini adalah bentuk kasih sayang Allah Ta'ala kepada kita. Dimana Allah Ta’ala di awal adanya khamar ini, tidak langsung serta merta mengharamkan khamar. Aisyah radhiyallahu anha pernah mengatakan:

إِنَّمَا نَزَلَ أَوَّلَ مَا نَزَلَ مِنْهُ سُورَةٌ مِنَ المُفَصَّلِ، فِيهَا ذِكْرُ الجَنَّةِ وَالنَّارِ، حَتَّى إِذَا ثَابَ النَّاسُ إِلَى الإِسْلاَمِ نَزَلَ الحَلاَلُ وَالحَرَامُ، وَلَوْ نَزَلَ أَوَّلَ شَيْءٍ: لاَ تَشْرَبُوا الخَمْرَ، لَقَالُوا: لاَ نَدَعُ الخَمْرَ أَبَدًا، وَلَوْ نَزَلَ: لاَ تَزْنُوا، لَقَالُوا: لاَ نَدَعُ الزِّنَا أَبَدًا

Sesungguhnya yang turun pertama dari al-Qur’an adalah surat-surat al-Mufashal. Disana disebutkan tentang surga dan neraka. Sampai ketika manusia telah kokoh dalam keislaman baru turun ayat tentang halal dan haram. Seandainya yang pertama kali turun itu adalah larangan; “Jangan kalian meminum khamr!” Maka niscaya pasti mereka akan mengatakan: “Kami tidak akan meninggalkan khamr untuk selamanya.” Dan kalau seandainya yang turun pertama adalah larangan: “Jangan kalian berzina!” Maka pasti mereka akan mengatakan: “Kami tidak akan meninggalkan zina selamanya.” (HR. Bukhari: 4993)

Proses pengharaman khamr ini dilakukan dalam 4 tahapan :

Pertama, memang seolah khamr itu perkara yg jaiz yaitu perkara yang seolah dibolehkan dalam syari’at. Sebagaimana dalam surat an-nahl ayat 67. Allah Ta’ala berfirman :

 

وَمِن ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan. (QS. Al-Nahl: 67)

 

Ini tahap pertama seolah membolehkan khmar, hal ini karena menjadi kebiasaan di zaman sebelum turun nya islam, orang-orang hidup sambil meminum khamr.

Kedua, Pada surat al baqarah ayat 219 allah ta’ala berfirman bahwa dalam khamr dan judi terdapat manfaat dan juga mudarat. Tapi, kemudaratannya lebih besar ketimbang manfaatnya.

 

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ ۖ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا ۗ وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir. (QS. Al-Baqarah: 219)

Maka, orang yg berfikir tentunya akan meninggalkan khamr sedikit demi sedikit, walaupun ada pula beberapa sahabat nabi yang masih minum khmar. Sehingga muncul pengharaman tahap berikutnya yaitu pengharaman di waktu tertentu.

Ketiga, Berawal dari satu kisah yaitu abdurahman ibn auf beliau ada pesta yg dilaksanakan oleh beliau dan dipesta tersebut dihidangkan khamr, pesta itu juga dihadiri para sahabat yang lainnya termasuk Ali bin abi thalib yg meminum khamr dipesta tersebut.

Kemudian Ali bin abi thalib ini memimpin shalat dan imam. Ketika memimpin shalat, Ali bin abi thalib salah membaca salah satu ayat al quran, Ketika itu beliau dalam keadaan mabuk.

Kemudian dari kisah ini turun pengharaman khamr tahap berikutnya yaitu pada surat An-Nisa ayat 43 yaitu Allah melarang agar tidak meminum khamr Ketika akan melakukan shalat, karena dapat mengacaukan esensi shalat seseorang, seperti dalam kisah tadi. Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan. (QS. An-Nisa’: 43)

Sehingga diwaktu shalat mereka meninggalkan khmar, tapi diwaktu jauh dari waktu shalat mereka tetap minum khamr.

Keempat, Kemudian masuk tahapan terakhir yaitu pengharaman secara jelas. Berawal dari kisah Hamzah bin abdul muthalib dimana saat itu beliau sedang mabuk bersama dengan budaknya.

Muncul suatu perbuatan yang jelas bagi akal yang sehat tidak dibenarkan diantaranya membunuh 2 unta orang lain sampai perutnya dibelah dan dikeluarkan isi perut unta tersebut dst.

Kemudian dilaporkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam dan rasulullah pun menghampiri Bersama para sahabat yang lainnya, termasuk umar bin khatab yang pada saat itu berdoa kepada Allah Ta’ala yaitu “Ya Allah, jelaskan kepada kami tentang khmar itu dengan penjelasan yang pasti” Turunlah ayat tentang pengharaman khamr itu dalam surat Al-Maidah ayat 90. Allah Ta’ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah: 90)

Disini jelas, bahwasannya islam itu menjaga 5 perkara penting yang dijaga dalam islam.Diantaranya :

  • Agama
  • Sehingga orang yang murtad mempermainkan agamanya maka hukumannya adalah dibunuh.

  • Akal

    Akal ini memiliki potensi yang sangat bagus dan kita tidak boleh menyia-nyiakan akal ini. Maka, dari itu kita harus bisa menjaga akal kita. Diantara bentuk menjaga akal adalah meninggalkan segala bentuk yang bisa merusak akal seperti khmar ini.

  • Jiwa

    Maka diharamkan adanya pembunuhan.
  • Keturunan

    Maka diharamkan yang Namanya berzina, sehingga dalam islam tidak boleh ada keturunan yang tidak jelas asal-usulnya.
  • Harta

    Maka kita tidak boleh mengambil harta orang lain dst.

Maka allah ta’ala menurunkan secara khusus larangan khamar ini. Ini menunjukkan memang Allah ta’ala yang membuat syari’at, karena memang allah yang membuat syari’at. Dan juga selanjutnya rasulullah shallallahu alaihi wassalam setelah diberikan wahyu oleh Allah Ta’ala.Itu adalah wujud kasih sayang allah ta’ala kepada kita.

Tonton video lainnya tentang : Pandangan Islam Terhadap Narkoba dan Miras oleh Ustadz Heri Iman Santoso

Kesimpulan

Khamr ini jelas lebih besar kerugiannya ketimbang manfaatnya. Khamr ini dizaman sekarang bisa merusak generasi dimasa depan dan masa depan negara pun akan ikut hancur karena-nya. 

Maka dari itu, mari berawal dari kita menyelematkan diri kita sendiri. Jangan sampai kita terjatuh kepada perkara yang sangat merugikan, bukan hanya kerugian didunia tapi ketugian diakhirat juga.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh khamr ini bisa merusah tubuh kita dimulai dari otak, pernafasan, imun dan beragam hal akan terkena imbasnya. Kemudian banyak keluarga yang hancur karena khamr ini.

Maka terimalah kasih sayang allah kepada kita. ketika Allah Ta'ala menghalalkan satu perkara maka itu adalah kebaikan untuk kita. Sebaliknya, ketika Allah Ta'ala mengharamkan suatu perkara maka itu adakah keburukan bagi kita.

Wallahu'alam

---------------------------

Oleh : Ustadz Heri Iman Santoso hafidzahullahu ta'ala


Cek jadwal live streaming disini & Nonton Live Streaming Disini 

 

Komentar 0

Tidak ada komentar