Kapan Berakhir Kesulitan ini ? Kapan ?

Ketika kita menjalani kehidupan ini, semua manusia pastinya mengalami dua keadaan yang silih berganti. Suatu saat merasakan senang dan pada waktu yang lain merasakah duka atau kesulitan.

Jika ada wanita yang bertanya “sampai kapan saya akan selesai dari kesulitan menghadapi suamiku?” dan jika ada lelaki yang bertanya “sampai kapan saya selesai darikesulitan menghadapi istriku?” jika kita sama-sama bertanaya “sampai kapan akan selesai dari kesulitan ini akan berhenti dan semua tantangan ini?” maka jawabannya adalah “sampai kita menginjakkan kaki di syurga!” jadi di dalam hidup ini kita akan sellu di hadapkan dengan tantangan dan ujian, bahkan Allah menyebutkan dalam qur’an surah AL-ANKABUT ayat 2 yang berbunyi:

َاحَسِبَ ٱلنَّاسُ أَن يُتْرَكُوٓا۟ أَن يَقُولُوٓا۟ ءَامَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

(A ḥasiban-nāsu ay yutrakū ay yaqụlū āmannā wa hum lā yuftanụn{2}

Yang artinya :

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?

Juga di terangkan di dalam qur’an surah AL-MULK ayat 2 yang berbunyi :

الَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًاۗ

(Allazii khalaqal mawta walhayaata liyabluwakum ayyukum ahsanu 'amalaal)

Yang artinya :

Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.

Jadi! kaum muslimin para jama’ah atau para pembaca yang di rahmati Allah subahanahu waa ta’ala yang dapat kita ambil dari pembahasan di atas adalah seberat apapun hidup ini merupakan ujian yang di berikan Allah agar kita menjadi hamba yang tanguh dengan balasan syurga yang di janjikan oleh-NYA. Maka itu seberat apapun cobaan yang kitahadapi saat ini cobalah untuk bertawakal serta mendekatkan diri kepada Allah ‘azza wa jalla.

Kita di ciptakan oleh Allah sebagai manusia yang lemah maka itu Allah menjadikan kita kuat dengan rintanggan-rintangan yang harus kita lewati agar kita menjadi hambanya yang tidak lemah atau menjadi hamba yang kuat dan tangguh. sekian yang bisa di sampaikan di dalam tulisan ini .

Diambil dari @pesan_singkat_ulama

Komentar 0

Tidak ada komentar