Bangga Menjadi Seorang Muslim

Alhamdulillah Allah Ta'ala menciptakan kita menjadi seorang muslim dan kita juga patut bersyukur serta bangga karena kita terlahir sebagai seorang muslim.

Dalam surat Yusuf 108. Allah ta’ala berfirman :

 قُلْ هَٰذِهِۦ سَبِيلِىٓ أَدْعُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا۠ وَمَنِ ٱتَّبَعَنِى ۖ وَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ وَمَآ أَنَا۠ مِنَ ٱلْمُشْرِكِينَ

Terjemahan: Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik". (QS.Yusuf:108)

Pada ayat diatas Allah ta’ala dengan tegas memerintahkan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk mengatakan secara tegas bahwa “Ini adalah jalanku”.

Begitu pun kepada kita sebagai umat nabi shallallahu alaihi wasallam katakan dengan tegas bahwa ini adalah jalanku yaitu al islam. Maka dari itu bangga lah kita sebagai muslim.

Kita harus bersyukur karena Allah ta’ala memberikan karunia kepada kita berupa hidayah islam. Karena itu kita tidak perlu malu mengakui bahwa kita adalah seorang muslim.

Namun Ketika Allah ta’ala sudah memberikan hidayah islam, kita perlu mengingat kepada hal yang lain juga misalnya mengajarkan islam ini dan mengajarkan kemuliaan agama islam ini kepada saudara-saudara kita.

Kenapa kita harus bangga dengan islam ?

Dengan kita mengatakan “Saya adalah muslim !” itu adalah salah satu bentuk ekspresi bahwa kita bangga menjadi seorang muslim dan diantara alasannya kenapa kita harus bangga menjadi seorang muslim adalah

Pertama, Islam adalah agama tauhid, Islam adalah agama yang merdeka terhadap perbudakan kepada selain Allah Ta’ala, Islam adalah agama yang ikhlas yang hanya beribadah kepada Allah Ta’ala.

Kedua, Islam menunjukan kepada kita bahwa islam adalah agama yang Allah subhanahu wa ta'ala ridhoi. Allah ta’ala berfirman pada surat Ali Imran ayat 19 :

إِنَّ ٱلدِّينَ عِندَ ٱللَّهِ ٱلْإِسْلَٰمُ ۗ وَمَا ٱخْتَلَفَ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ مَا جَآءَهُمُ ٱلْعِلْمُ بَغْيًۢا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ فَإِنَّ ٱللَّهَ سَرِيعُ ٱلْحِسَابِ

Terjemahan: Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya (QS.Ali Imran: 19)

Dalam ayat lain Allah Ta’ala berfirman dalam surah ali Imran ayat 80

وَلَا يَأْمُرَكُمْ أَن تَتَّخِذُوا۟ ٱلْمَلَٰٓئِكَةَ وَٱلنَّبِيِّۦنَ أَرْبَابًا ۗ أَيَأْمُرُكُم بِٱلْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنتُم مُّسْلِمُونَ

Terjemahan: Dan (tidak wajar pula baginya) menyuruhmu menjadikan malaikat dan para nabi sebagai tuhan. Apakah (patut) dia menyuruhmu berbuat kekafiran di waktu kamu sudah (menganut agama) Islam?".(QS.Ali Imran: 80)

Maka dari itu kita harus bangga kepada Allah Ta’ala dan diri kita, bahwasannya Allah Ta’ala sudah mengkaruniakan agama ini kepada kita yaitu agama islam yang dimana islam adalah agama para nabi. Islam adalah agama yang allah ridhoi, bahkan allah ta’ala mengatakan dalam surat al maidah ayat 3.Bahwasannya allah telah menyempurnakan agama islam ini dan tidak ada satu pun kekurangannya.

Jadi untuk seseorang yang tidak bangga dengan islam sangat mengecewakan dan rugi. Kenapa ? karena allah telah memberikan kesempurnaan terhadap agama ini, Allah meridhoi agama ini dan islam adalah agama para nabi.

Bukan hanya itu, bahwasannya agama islam adalah agama fitroh yaitu fitroh manusia. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ

Setiap manusia yang lahir, mereka lahir dalam keadaan fitrah. Orang tuanya lah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani” (HR. Bukhari-Muslim)

Alhamdulillah kita seorang muslim artinya kita masih berada dalam fitrah, berada dijalan yang lurus dan benar. Maka dari itu kita harus berbangga bahwa kita adalah muslim.

Maka dari itu kita harus berbangga dengan agama ini, kitapun harus bangga bahwa islam ini adalah agama rahmat yang Allah ta’ala firmankan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

وَما أَرْسَلْناكَ إِلاَّ رَحْمَةً لِلْعالَمِينَ

Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia” (QS. Al Anbiya: 107)

Maka dari itu kita pun harus seperti Nabi shallallahu alaihi wasallam yang menjadi Rahmatan Lil ‘Alamin.

Diantara tujuan dari islam dan tujuan dari kita beragama ini yang paling penting adalah menjaga kemaslahatan dunia dan akhirat. Diantaranya :

  • Islam menjaga agama kita.
  • Islam menjaga jiwa kita.
  • Islam menjaga akal kita.
  • Islam menjaga keturunan kita.
  • Islam menjaga harta kita.

Jadi, alasan apalagi yang menjadikan kita tidak bangga dengan agama islam ini ? Maka dari itu kita harus bangga dengan kita menjadi seorang muslim dan beragama islam. Dimana 5 tujuan penting ini semuanya dijaga dalam islam.

Lalu, bagaimana cara kita membuktikan bahwa kita bangga menjadi seorang muslim ?

Apakah dari pakaian saja bisa menunjukan bahwa kita adalah muslim ? atau cukup dengan penampilan kita misalnya cingkrang, jenggot dan lain sebagainya itu sudah membuktikan bahwa kita adalah seorang muslim ?

Berbangga dengan agama ini tidak hanya penampilan saja atau tidak dengan petantang-petenteng atau menghilangkan orang lain dan agama lain. cara berbangga dengan agama ini adalah dengan cara kita bersyukur kepada Allah ta’ala, selain bersyukur adalah dengan cara kita mengamalkan perintah allah dan menjauhi segala larangannya. Allah ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah: 208)

Kita harus berusaha mengamalkan apa yang allah perintahkan, kita berusaha mengamalkan dan mengikuti apa yang rasulullah shallallahu alaihi wassalam ajarkan.

Maka sudah jelas berbangga disana bukan kita berbangga dengan cara memperlihatkan baju yang kita pakai. Karena masalah pakaian, islam sudah mengaturnya yaitu dengan berpakaian yang menutup aurat.

Kesimpulan

Kita sebagai seorang muslim harus bisa memperlihatkan keislaman kita, kita perlihatkan keimanan kita kepada allah ta’ala dengan cara kita menjalankan perintah allah dan menjauhi segala larangannya.

Selain itu, hal yang perlu kita perhatikan ketika kita bangga menjadi seorang muslim yaitu pertama-tama kita perbaiki akidah kita, kemudian perbaiki ibadah kita kepada allah ta’ala dan perbaiki akhlak kita.

Hal ini adalah salah satu bentuk kita bangga sebagai seorang muslim, yang pada akhirnya kita akan menjadi orang yang berakhlak dan beradab. Allah ta’ala berfirman kepada rasulullah shallalallhu alaihi wassalam

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Terjemahan: Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. (QS Al Qalam:4)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ 

“Sesungguhnya aku (Rasulullah ﷺ) diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang baik.”

(HR. Ahmad  2/381)

Jadi dengan kita memperbaiki akidah, memperbaiki ibadah kemudian munculah hasil akhirnya akhlak yang baik yang jauh dari kesombongan. Itulah pembuktian kita bangga menjadi seorang muslim.

---------------------------

Oleh : Ustadz Hatim Abdullah hafidzahullahu ta'ala

Komentar 0

Tidak ada komentar