Kriteria Teman Sejati

0
32
Kriteria Teman Sejati
Kriteria Teman Sejati

Sahabat gema islam, apa kabarnya? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah ta’ala. Aamiin, ditulisan kali ini, mimin kembali mau sedikit berbagi catatan faidah kajian dari program Maktabah Salafiyah bersama Ustadz Ade Ading, Lc. -hafidzahullah-. Insyaallah pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang pembahsan kriteria teman sejati.

Nah tentunya sebagai manusia kita adalah makhluk sosial yang pada intinya saling membutuhkan satu sama lain. Kita tidak bisa hidup sendirian dan membutuhkan teman. Teman itu kadang ada yang baik dan ada juga yang buruk atau tidak baik, nah bagaimana kriteria teman yang baik yang layak kita jadikan sebagai teman sejati. Kita akan telaah bagaimana penjelasan al-ustadz mengenai hal tersebut dari rujukan kitab Mukhtashar Minhajul Qashidin karangan Imam Ibnu Qudamah -rahimahullah-. Yuk, kita ulas sama-sama!

Sahabat gema islam, al-ustadz menyebutkan setidaknya ada 4 kriteria teman yang sejati diantaranya adalah.

Sahabat Sejati itu Saling Mencintai dan Membenci Karena Allah

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan bahwa sekuat-kuat tali iman itu adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah. Kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

أَوْثَقُ عُرَى الْإِيمَانِ الْحُبُّ فِي اللهِ وَالْبُغْضُ فِي اللهِ

“Sekuat-kuatnya tali iman adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah.” (HR. Thabrani)

Sahabat gema Islam, maka tepat sekali bahwa kalau kita ingin memiliki teman yang sejati lihat saja ia mencintai dan membencinya karena apa. Maka kalau dia mencintai dan membenci karena Allah, itulah teman sejati kita.

Sahabat Sejati itu, Menutupi Aib Temannya

Sahabat gema islam, selanjutnya sikap teman sejati yang kedua adalah apabila sahabatnya terjerumus kepada kekeliruan atau kesalahan dan dia menyesali perbuatannya, maka sikap seorang teman yang sejati adalah akan menutup aib dan kesalahan sahabatnya selama ia melakukannya atas dasar khilaf dan dia sadar dan bertaubat kepada allah atas kesalahan yang dia perbuat

Sahabat Sejati itu, Menjauhi sahabatnya tatkala dia ngeyel terhadap maksiat

Sahabat gema islam, untuk kriteria teman sejati yang ketiga adalah ketika timbul suatu masalah yaitu sahabat kita terjerumus kepada maksiat dan dia tahu dia salah namun dia ngeyel dan tidak bisa dinasehati, maka diantara sikap terbaik yang dapat kita lakukan adalah menjaganya sampai dia sadar. Alasannya jika kita terus menerus dekat dengan mereka, kita akan terpengaruh oleh keburukannya.

Sahabat Sejati itu, Tegas dalam Bersikap

Sahabat gema islam, kriteria teman sejati yang keempat adalah tegas dalam bersikap baik perkataan maupun perbuatan dalam arti kita tegas dalam bersikap yang disesuaikan dengan kemaksiatan yang dilakukan oleh sahabat kita..

Sabat gema islami itulah diantara faidah dari catatan kajian yang mimin dapatkan mengenai kriteria teman sejati yang ustadz jelaskan dalam program maktabah salafiyah MGITV. Semoga Allah subhanahu wattala mengaruniakan kepada kita teman yang sejati. Aamiin.. barakallahu fiikum

Jika sahabat gema islam masih penasaran dan ingin mengetahui secara dalam dari apa yang dibahas, sahabat gema islam bisa kembali simak kajian  tersebut di link berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=gtQGBqDXhQo&t=2374s 

Brangkas peduli mgi tv
Brangkas peduli mgi tv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here