Tiga Wasiat Rasulullah ﷺ

0
86
Tiga Wasiat Rasulullah ﷺ
Tiga Wasiat Rasulullah ﷺ

Sahabat gema islam di artikel kali ini mimin mau  berbagi kembali catatan faidah kajian bersama Al-Ustadz Ali Nurjani -hafidzahullah- pada program Aroma Senja. Artikel kali ini kita akan membahas tentang 3 wasiat rasulullah ﷺ. Nasihat apa saja yang dimaksud? Yuk kita ulas bersama-sama.

Sahabat gema islam, Allah Ta’ala telah mengumpulkan dalam diri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berupa jawami’ kalim, diantara nasihat nabi kita ﷺ itu singkat-singkat namun begitu mendalam maknanya. Besar pengaruhnya dan terkumpul begitu banyak kebaikan didalamnya. Salah satunya adalah apa yang beliau sabdakan dalam hadits berikut ini.

Disebutkan dalam Musnad Imam Ahmad, Sunan Ibnu Majah dan yang lainnya, dari hadits Abu Ayyub al Anshari -radhiyallahu anhu– bahwa ada seorang laki-laki menemui Nabi Shallallahu alaihi wa sallam lalu berkata, “Beri aku nasehat singkat”. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا قُمْتَ فِي صَلَاتِكَ فَصَلِّ صَلَاةَ مُوَدِّعٍ وَلَا تَكَلَّمْ بِكَلَامٍ تَعْتَذِرُ مِنْهُ غَدًا وَاجْمَعْ الْإِيَاسَ مِمَّا فِي يَدَيْ النَّاسِ

Jika kamu hendak melaksanakan shalat, shalatlah seperti shalat terakhir, jangan mengatakan sesuatu yang membuatmu minta maaf di kemudian hari dan kumpulkan keputus-asaan terhadap apa yang ada pada manusia”. (HR. Ahmad)

Wasiat Pertama: Menjaga Shalat dan Mendirikannya dengan Penuh Kekhususan

Sahabat gema islam, Nabi Shallallahu alaihi wasallam mewasiatkan yang pertama untuk melaksanakan salat yang dipenuhi dengan kekhusyukan, yang dimana shalatnya dipenuhi dengan rasa muraqabah kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Sahabat gema islam, perlu kita ketahui bahwasanya diantara yang paling sulit dalam melaksanakan shalat itu adalah menghadirkan kekhusyukan yang ada di dalam hati.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan satu solusi di dalam wasiat ini, “Kalau engkau berdiri untuk melaksanakan ibadah shalat, maka shalatlah seperti shalat orang yang hendak berpisah (shalat terakhir).” Bisa sahabat gema islam bayangkan, ketika seseorang tahu akan ajal dan juga kematiannya kemudian dia meyakini bahwa itu adalah sholat terakhir dia sebelum dia menghadap Allah subhanahu wa ta’ala, maka dia pasti akan melaksanakan shalatnya dengan amat sangat khusyuk.

Wasiat Kedua: Menjaga Lisan

Sahabat gema islam, wasiat selanjutnya adalah perintah untuk menjaga lisan. Jangan sampai kita mengucapkan sebuah perkataan yang berujung pada penyesalan. Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwasanya diantara perkara yang menyebabkan manusia itu terjerumus kedalam api neraka adalah lisan dan kemaluan. Dan kita ketahui bersama banyak sekali dosa-dosa yang disebabkan dengan lisan. Maka, sahabat gema islam kita diperintahkan oleh Allah dan rasulNya.

Wasiat Ketiga: Ajakan memiliki sifat Qana’ah dan menggantungkan hati hanya pada Allâh

Sahabat gema islam, nasihat yang ketiga yang disampaikan oleh nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah perintah untuk memiliki sifat qanaah. Qanaah adalah perasaan ridho dalam diri dengan apa yang Allah berikan. dan orang yang memiliki sifat qanaah itu adalah di antara orang yang paling bahagia, berdasarkan hadits riwayat berikut.

Dari ’Ubaidillah bin  Mihshan  Al Anshary dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِى سِرْبِهِ مُعَافًى فِى جَسَدِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

“Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Sahabat gema islam, kalau kita ingin diberikan kebahagiaan oleh allah dalam diri dan hati kita, maka kita harus menjadi seorang mukmin yang senantiasa qonaah atas apa yang Allah berikan.

sahabat gema islam, itulah tiga nasihat yang sangat berharga yang disampaikan oleh nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang semoga kita Allah berikan taufiq dan hidayah untuk dapat mengamalkannya dalam kehidupan kita. Semoga tulisan ini bermanfaat, barakallahu fiikum

Jika sahabat gema islam ingin menyimak kajian ini secara full. sahabat gema islam bisa menyimaknya di link berikut:

3 Wasiat Rasulullah | AROMA SENJA | Ustadz Ali Nurjani, Lc 

Brangkas peduli mgi tv
Brangkas peduli mgi tv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here