Serial Akhlak: Hubungan Erat Tauhid Dengan Akhlak

0
241
Serial Akhlak: Hubungan Erat Tauhid Dengan Akhlak
Serial Akhlak: Hubungan Erat Tauhid Dengan Akhlak
Serial Akhlak: Hubungan Erat Tauhid Dengan Akhlak
Serial Akhlak: Hubungan Erat Tauhid Dengan Akhlak

Sahabat gema islam, di tulisan artikel kita kali ini mimin mau berbagi catatan faidah dari pembahasan tentang hubungan erat antara tauhid dengan akhlak yang dibahas oleh guru kita al-ustadz Abu Qotadah Al-atsary -hafidzahullah-. Yuk kita ulas bersama-sama.

Kesempurnaan Akhlak Manusia ada pada Rasulullah ﷺ

Sahabat gema islam, al-ustadz menjelaskan bahwasanya Allah ﷻ berfirman ketika memberikan tazkiyah kepada nabi kita Muhammad ﷺ  dalam surah al-qalam ayat ke-4 Allah berfirman,

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. Artinya nabi ﷺ adalah seorang manusia yang telah memiliki akhlak yang sempurna, nabi ﷺ diutus oleh Allah ﷻ untuk membimbing manusia pada akhlak yang mulia. Sebagaimana juga dinyatakan dalam hadits yang populer

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَق

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-akhlak mulia.” (HR. Ahmad)

Akhlak Rasulullah adalah Al-Quran

Sahabat gema islam, dalam hadits lain  Ibunda Aisyah radhiyallahu Ta’ala ‘anha mengabarkan kepada kita ketika beliau ditanya tentang akhlak Nabi ﷺ maka beliau mengatakan:

فَإِنَّ خُلُقَ نَبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ كَانَ القُرآنَ

“Sesungguhnya akhlak Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah Alquran.” (HR. Muslim)

Dalam arti bahasa kita mengimplementasikan isi Quran dalam kehidupannya. Jadi, isi Quran itu berada dalam kehidupan Baginda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

Tauhid adalah pokok dasar Islam

Sahabat gema islam, ketika kita membahas tentang akhlak al-ustadz menjelaskan akhlak itu bagian dari ajaran islam. Oleh sebab itu, pokok dasar akhlak islam itu tauhid, iman. Jadi ketika ingin mengajarkan akhlak Islam yang sebenarnya kita juga harus mengajarkan tauhid dan keimanan.

Sahabat gema islam, dikatakan al-ustadz bahwa esensi Quran itu diturunkan salah satunya mengajarkan tauhid. Di mana al-qur’an menjabarkan di dalam Quran tentang Tauhid dari sisi allah mengkhabarkan tentang tujuan penciptaan manusia agar mentauhidkannya, para nabi dan rasul diutus untuk membimbing manusia mentauhidkannya dan lain sebagianya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surah az-zariyat ayat 56

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Nah sahabat gema islam dari penjelasan serta dalil diatas kita jadi tahu dan paham bahwa hal ini menunjukkan bahwasanya inti dari islam itu tauhid dan inti dari isi quran juga mengajari manusia tentang tauhid. Maka kalau dikatakan akhlak nabi ﷺ adalah quran maka akhlak yang pertama dan utama adalah mentauhidkan Allah.

Semoga bermanfaat yaa… untuk kajian lengkapnya sahabat gema islam bisa akses dan siamak di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=cgZGiMMgu3A

Barakallahu Fiikum, wallahu a’lam bishowab

 

Brangkas peduli mgi tv
Brangkas peduli mgi tv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here