Serial Pendidikan: Peran Pendidikan dalam Islam

0
231
Peran Pendidikan dalam Islam
Peran Pendidikan dalam Islam

Assalamu’alaikum sahabat gema islam, pada artikel kita kali ini akan membahas tentang bagaimana peran pendidikan dalam islam yang dirangkum dari sebuah pembahasan yang disampaikan oleh Ustadz Abu Qotadah dalam program keluarga muslim di MGTV, yuk kita simak ulasan  lengkapnya.

Sahabat gema islam, bagian terpenting dalam keluarga adalah tarbiah. Tarbiah ini diantaranya adalah tentang bagaimana mendidik istri, mendidik anak dan bisa juga dibalik yakni  istri juga punya peran untuk mengedukasi suami, ibu mengedukasi anaknya. Diantara ayat yang turun berkaitan dengan tarikh dalam islam adalah surah at-tahrim ayat 6.

Perlu kita ketahui bahwa Alquran itu bisa juga dikatakan bahwa isinya adalah tentang pendidikan. Mengapa al-qur’an berisikan tentang pendidikan? Mari kita untuk lihat terlebih dahulu pada ayat yang pertama kali turun yaitu kalimat “Iqra Bismi rabbikalladzi khalaq” di situ dengan secara spesifik Allah memerintahkan kita untuk belajar dengan kalimat “Iqra” yang pada artinya memang sangat penting sekali pendidikan dalam islam.

Dalam ayat yang lain Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan ayat 9 surah Muhammad yang secara spesifik itu perintah untuk belajar yang paling inti dari kehidupan manusia yaitu belajar tentang tauhid, iman, makrifat kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Imam Bukhari juga dalam shahihnya membuat bab ilmu sebelum berbicara dan sebelum beramal.

Kenapa manusia itu perlu kepada pendidikan? Sebab ada sebuah istilah bahwa tidak ada manusia yang lahir dalam kondisi tahu tentang hukum atau tahu tentang skill hidup. Ketika manusia itu diciptakan Allah dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu maka berarti manusia itu butuh pendidikan.

Pendidikan dalam Islam dipandang dengan dua sisi yang pertama adalah faridatul Islam yang kedua adalah daruratul insaniah. Pendidikan dalam Islam itu adalah merupakan kewajiban artinya setiap manusia diperintahkan untuk belajar dan otomatis juga diperintahkan untuk mentarbiyah dan ditarbiyah. Pendidikan dalam islam juga merupakan kebutuhan dan perkara yang urgen bagi manusia.

Ketika pendidikan itu adalah merupakan kebutuhan manusia dan kewajiban di dalam islam, maka ada dua hal yang harus kita pahami tentang pendidikan yang pertama pendidikan itu harus memahami tentang jati diri manusia itu sendiri. Maka ada diistilahkan pendidikan itu harus holistik, humanistik berbasis fitrah, jadi pendidikan itu harus memahami tentang psikologi yaitu tentang hakikat manusia itu sendiri.

Pendidikan itu bertujuan untuk memanusiakan manusia, untuk sampainya manusia kepada Insan Kamil yaitu insan yang bertakwa yang dia beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, mentaati Allah subhanahu wa ta’ala dan dia juga memiliki skill hidup. Maka pendidikan itu tidak  lepas dari kognitif, afektif dan psikomotorik. 

Pendidikan ini ini adalah berfungsi untuk menjaga dan mengembangkan jadi artinya pada manusia itu sudah ada perangkatnya. Ketika manusia diperintahkan mengetahui, membaca maka Allah Ta’ala memberikan perangkatnya seperti penglihatan, pendengaran dan hati.

 Wallahu a’lam bishowab

 

Oleh:Ustadz Abu Qotadah Al-Atsary 

Source: faidah dicatat dari program keluarga muslim tentang peran pendidikan dalam islam bersama Ustadz Abu Qotadah Al-atsary -hafidzahullah-
Link selengkapnya: https://fb.watch/qto5dmpb_O/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here