Refleksi Aqidah: Mengenal Aqidah Yang Benar

0
186
aqidah yang benar
aqidah yang benar

Sahabat gema islam pada artikel kita kali ini, insyaAllah kita akan sama-sama mengulas tentang makna aqidah yang benar. Bagaimana makna aqidah yang  benar? Yuk kita simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Seseorang apabila aqidahnya rusak maka amalnya akan rusak, sekalipun dia menampakan kebaikan. Ketika berbicara tentang agama ini, sesungguhnya ada yang bersifat lahir dan batin. dan aqidah erat kaitannya berkaitan dengan perkara batin. Adapun perkara lahir erat kaitannya dengan syariat. Dalam bahasa kita aqidah itu sering disebut dengan keyakinan, aqidah itu juga bisa dibahasakan sebagai identik dengan sesuatu yang pasti dan kokoh.

Secara umum, semua manusia punya keyakinan atau aqidah. terlepas aqidah mereka benar atau batil. Aqidah yang benar atau aqidah shahihah adalah beriman kepada rukun iman dan cabang-cabangnya. Berbicara dengan aqidah itu berkaitan dengan rukun iman.

Aqidah yang benar itu aqidahnya rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan para shahabat juga para pendahulu umat ini yang mereka terus berjalan dengan manhaj rasulullah dan para shahabat. Adapun aqidah bathilah atau aqidah yang salah adalah aqidah yang menyelisihi rasulullah para sahabat dan salafus shalih.

Berbicara tentang aqidah ini, maka itu menjelaskan bahwa tidak akan pernah dikatakan tentang statemen bahwa semua agama itu sama. jika seseorang berbicara bahwa semua agama itu sama maka ini adalah keliru. Boleh jadi semua agama dalam konteks aktivitas humanity memiliki kesamaan namun dalam hal tujuannya beda. Orang-orang muslim tujuan mereka melakukan sebuah amalan adalah mereka beramal dengan prioritas menurut ketetapan terbaik Allah dengan orientasi untuk bertemu dengan Allah berbeda dengan orang non muslim. Aqidah adalah pembeda di dalam kehidupan.

Imam Syinqithi mengatakan bahwa orang akan diterima amalnya dengan tiga syarat yaitu; murni karena allah (ikhlas), sesuai dengan sunnah nabi (ittiba) dan didasari dengan aqidah yang benar (keimanan) dan diantara sesuatu yang paling berat untuk jiwa ini adalah keikhlasan. Oleh karena itu keimanan dan tauhid adalah salah satu ibadah  yang paling besar. dikatakan oleh Imam Yusuf Ar-Razi salah satu yang paling berat dalam kehidupan didunia ini adalah keikhlasan. Maka mereka orang-orang yang ikhlas adalah orang-orang yang Allah beri kekhususan.

wallahu a’lam bishowab

Source: Dicatat dari kajian program mutiara fajar bersama Ustadz Muhammad Hazim -hafidzahullah- (link: https://www.facebook.com/mediagemaislam.tv/videos/2088140041552753

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here