Sahabat Gema islam pada artikel kita kali ini kita akan membahas bersama tentang hadits seputar adab-adab shalat jumat dari kitab shahih bukhari. Nah, di tulisan kali ini kita akan mencoba mengetahui bersama-sama bahwa di antara adab sebelum berangkat shalat jumat adalah mandi terlebih dulu. Berikut beberapa hadits yang dikemukakan imam bukhari dalam kitabnya berkaitan denganĀ
ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ ŁŁŁŲ³ŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŲ®ŁŲØŁŲ±ŁŁŁŲ§ Ł ŁŲ§ŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲ¹Ł Ų¹ŁŁŁ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŲ±Ł Ų±ŁŲ¶ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁ ŁŲ§ Ų£ŁŁŁŁ Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲµŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ§ŁŁ Ų„ŁŲ°ŁŲ§ Ų¬ŁŲ§Ų”Ł Ų£ŁŲŁŲÆŁŁŁŁ Ł Ų§ŁŁŲ¬ŁŁ ŁŲ¹ŁŲ©Ł ŁŁŁŁŁŁŲŗŁŲŖŁŲ³ŁŁŁ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Nafi’ dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: āJika salah seorang kalian mendatangi shalat jum’at hendaklah ia mandi.āĀ
ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ Ł ŁŲŁŁ ŁŁŲÆŁ ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲ³ŁŁ ŁŲ§Ų”Ł ŁŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŲ®ŁŲØŁŲ±ŁŁŁŲ§ Ų¬ŁŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŲ©Ł ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲ³ŁŁ ŁŲ§Ų”Ł Ų¹ŁŁŁ Ł ŁŲ§ŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŲ²ŁŁŁŁŲ±ŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų³ŁŲ§ŁŁŁ Ł ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŲ±Ł Ų¹ŁŁŁ Ų§ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŲ±Ł Ų±ŁŲ¶ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁ ŁŲ§ Ų£ŁŁŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŲ±Ł ŲØŁŁŁ Ų§ŁŁŲ®ŁŲ·ŁŁŲ§ŲØŁ ŲØŁŁŁŁŁŁ ŁŲ§ ŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŲØŁŁ Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ®ŁŲ·ŁŲØŁŲ©Ł ŁŁŁŁŁ Ł Ų§ŁŁŲ¬ŁŁ ŁŲ¹ŁŲ©Ł Ų„ŁŲ°Ł ŲÆŁŲ®ŁŁŁ Ų±ŁŲ¬ŁŁŁ Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŁŁŲ§Ų¬ŁŲ±ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁ Ų£ŁŲµŁŲŁŲ§ŲØŁ Ų§ŁŁŁŁŲØŁŁŁŁ ŲµŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŲ§ŲÆŁŲ§ŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŲ±Ł Ų£ŁŁŁŁŲ©Ł Ų³ŁŲ§Ų¹ŁŲ©Ł ŁŁŲ°ŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ Ų„ŁŁŁŁŁ Ų“ŁŲŗŁŁŁŲŖŁ ŁŁŁŁŁ Ł Ų£ŁŁŁŁŁŁŁŲØŁ Ų„ŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁŁŁ ŲŁŲŖŁŁŁ Ų³ŁŁ ŁŲ¹ŁŲŖŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲ£ŁŲ°ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ł Ų£ŁŲ²ŁŲÆŁ Ų£ŁŁŁ ŲŖŁŁŁŲ¶ŁŲ£ŁŲŖŁ ŁŁŁŁŲ§ŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŁŁŲ¶ŁŁŲ”Ł Ų£ŁŁŁŲ¶ŁŲ§ ŁŁŁŁŲÆŁ Ų¹ŁŁŁŁ ŁŲŖŁ Ų£ŁŁŁŁ Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲµŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ§ŁŁ ŁŁŲ£ŁŁ ŁŲ±Ł ŲØŁŲ§Ł
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad bin Asma’ berkata, telah mengabarkan kepada kami Juwairiyah bin Asma’ dari Malik dari Az Zuhri dari Salim bin ‘Abdullah bin ‘Umar dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwa ketika ‘Umar bin Al Khaththab berdiri khutbah pada hari Jum’at, tiba-tiba ada seorang laki-laki Muhajirin Al Awwalin (generasi pertama), sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, masuk (ke dalam Masjid). Maka ‘Umar pun bertanya, “Jam berapakah ini?” Sahabat tersebut menjawab, “Aku sibuk, dan aku belum sempat pulang ke rumah hingga akhirnya aku mendengar adzan dan aku hanya bisa berwudhu.” Umar berkata, “Hanya berwudhu’ saja! Sungguh kamu sudah mengetahui bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk mandi (di hari Jum’at).”
ŲŁŲÆŁŁŲ«ŁŁŁŲ§ Ų¹ŁŲØŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ ŁŁŁŲ³ŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŲ®ŁŲØŁŲ±ŁŁŁŲ§ Ł ŁŲ§ŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ ŲµŁŁŁŁŁŲ§ŁŁ ŲØŁŁŁ Ų³ŁŁŁŁŁŁ Ł Ų¹ŁŁŁ Ų¹ŁŲ·ŁŲ§Ų”Ł ŲØŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŲ§Ų±Ł Ų¹ŁŁŁ Ų£ŁŲØŁŁ Ų³ŁŲ¹ŁŁŲÆŁ Ų§ŁŁŲ®ŁŲÆŁŲ±ŁŁŁŁ Ų±ŁŲ¶ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁ Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ ŲµŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ³ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ§ŁŁ ŲŗŁŲ³ŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ł Ų§ŁŁŲ¬ŁŁ ŁŲ¹ŁŲ©Ł ŁŁŲ§Ų¬ŁŲØŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ł ŲŲŖŁŁ
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Shafwan bin Sulaim dari ‘Atha’ bin Yasar dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Mandi pada hari Jum’at adalah wajib bagi setiap orang yang sudah baligh.”
Imam bukhari membuat bab keutamaan mandi dihari jumat tidak menyebutkan hukumnya karena para ulama berbeda pendapat tentang hukum mandi jumat. Jumhur ulama (Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i) mengatakan mandi jumat hukumnya adalah sunnah muakkadah artinya sunah yang ditekankan tidak sampai kepada wajib. tapi sebagian para ulama berpendapat bahwa mandi jumat hukumnya adalah wajib (pendapat Imam Malik, Imam Daud Ad Dhahiri, dan Imam ibnu Hazm).
Ini berarti diantara adab-adab hari jumat adalah mandi jum’at. Yang dimaksud mandi di sini adalah mandi dalam kategori mandi janabah, mandi yang definisinya mandi dengan urutan yang disebutkan dalam hadits Maimunah yaitu mandi dengan niat seperti mandi janabah dengan adab-adabnya. tata cara mandi jumat ini sama urutannya seperti tata cara mandi janabah. afdholnya mandi jumat itu adalah ketika kita akan pergi untuk shalat jumat karena lebih tepat dengan hadits yang telah disebutkan juga lebih tepat relevansi manfaatnya. Dalam suatu kasus, apabila seseorang junub di hari jumat maka cukup mandi satu kali dengan niat mandi jumat dan niat mandi janabah.
wallahu aālam bishawab
oleh: Ustadz Abu Qotadah Al-Atsary -hafidzahullah-
Faidah selengkapnya silahkan simak di:Ā
https://www.youtube.com/watch?v=YM6p1TQWArg&list=PLyXCQo6xfaLL9inebhrggLBMezak5kpFr&index=3Ā