Jumat dalam islam: Keutamaan dan Kewajiban di Hari Jumat

0
171

Assalamu’alaykum sahabat gema islam, pda artikel kita kali ini kita akan membahas tentang hari jumat dalam islam yang dicatat dari kajian Kitab Shahih Bukhari bersama Ustadz Abu Qotadah -hafidzahullahu ta’ala-, yang berisi tentang apa keutamaan hari jumat dan hal apa saja yang diwajibkan keapda seorang muslim di hari jumat. Yuk, kita simak ulasan selengkapnya

Keutamaan Hari Jumat

Hari jumat adalah hari dimana orang berkumpul (khususnya umat islam) untuk beribadah. Hari jumat dimana dikumpulkannya kebaikan di hari tersebut. Salah Satunya karena hari jumat adalah hari dimana nabi adam diciptakan dan dikeluarkan dari surga, Dimana hari jumat adalah hari dimana akan terjadi hari kiamat. Hari jumat itu banyak keutamaannya karena ada ibadah khusu yang diwajibkan yaitu shalat jumat. Hari jumat juga hari dimana disyariatkannya mandi. Jumhur ulama mengatakan mandi dihari jumat adalah sunnah muakkadah. Di Hari jumat juga ada waktu mustajab untuk berdoa yaitu selain berdoa diantara dua adzan, diantara dua khutbah, dan yang paling pokok special dihari jumat adalah bada ashar sebelum terbenamnya matahari.

 

Wajibnya shalat jumat

Shalat jumat hukumnya adalah fardu ‘ain, fardu ‘ain adalah fardhu yang diwajibkan untuk setiap individu muslim. Adapun dalil dalam alquran adalah surah al-jumuah ayat 9; ayat ini allah menyebutkan 4 poin; pertama, kita diperintahkan untuk berjalan dari rumah ke masjid untuk dua hal (mendengarkan khutbah). Mendengarkan khutbah di hari jumat adalah wajib. Dan untuk menunaikan shalat. Larangan melakukan jual beli setelah mendengar adzan. Namun, tidak khusus jual beli, tapi segala aktivitas dunia lainnya. Ayat ini menjadi dalil wajibnya shalat jumat.

Sejumlah hadits juga menyebutkan wajibnya shalat jumat diantaranya adalah Hadits tentang ancaman bagi orang yang secara sengaja meninggalkan shalat jumat, Allah akan mematikan hatinya (tertutup untuk menerima hidayah). 

Dinukil ijma dari para ulama, dikatakan oleh imam ibnul mundzir; “sepakat para ulama bahwa shalat jumat wajib bagi yang merdeka, yang baligh dan yang mukim, dimana yang tidak ada udzur baginya.” 

 

Hadits Keutamaan Hari Jumat

Keutamaan hari jumat itu masuk didalamnya keutamaan umat islam. Disebutkan dalam hadits bahwa umat islam itu adalah umat yang tidak tersesat dengan hari jumat (ditunjukan oleh allah keutamaan hari jumat, sementara ahlul kitab disesatkan dari mengetahui keutamaan hari jumat); umat islam dengan hari jumat itu diutamakan dimana umat islam tidak disesatkan di hari jumat dengan tetap komitmen untuk beribadah di hari tersebut. Kemudian, dengan komitmennya tersebut dengan tidak menggeser dari hari semestinya maka umat islam di yaumul akhir nanti menjadi yang pertama Ketika masuk surga.

Hari jumat adalah sebaik-baik matahari terbit di hari tersebut dimana di hari jumat adalah hari dimana nabi Adam ‘alaihissalam diciptakan, dimasukan kedalam surga, dan dikeluarkan dari surga. Kemudian terjadinya hari kiamat adalah hari jumat.

Hari jumat, hari diciptakannya Nabi Adam alaihissalam

Nabi adam diciptakan setelah Allah menciptakan jin dan malaikat, manusia punya dua hubungan dengan malaikat dan iblis. Dari ketiga makhluk ini sifat dan penciptaan serta karakternya berbeda. Allah ciptakan malaikat dari Cahaya, jin dan iblis dari api,dan manusia dari tanah. Adapun karakternya, malaikat mempunyai karakter taat (tidak ada hasrat maksiat), adapun iblis adalh makhluk yang diciptakan untuk durhaka kepada Allah. Adapun, manusia itu memiliki dua atau tiga karakter dalam diri (condong pada takwa atau fajir) bisa juga tiga karakter (ada gejolak Hasrat untuk maksiat, jiwa yang condong untuk taat, dan terkadang bimbang/seimbang antara maksiat dan taat). 

Nabi adam alaihissalam punya kelebihan dari semua makhluk yang ada yakni: Allah ciptakan nabi adam dengan tangan-Nya, Allah anugerahkan ilmu pada nabi adam alaihissalam, dan juga memerintahkan nabi adam untuk menjadi mualim, mualim pertama dimuka bumi adalah nabi adam (mengajarkan malaikat/ ada ilmu yang dirahasiakan pada malaikat dan diberikan pada nabi Adam) dan Allah juga memerintahkan malaikat untuk sujud kepada Adam. 

Pada hari jumat. Allah masukan nabi adam ‘alaihissalam ke surga, tapi Allah ingin menciptakan nabi adam ke dunia. Sesungguhnya takdir nabi Adam alaihissalam itu ke dunia hanya  dimasukan dulu ke surga dengan hikmah yang Allah inginkan.

Kemudian ada persengketaan antara nabi adam ‘alaihissalam dan Hawa ‘alaihissalam dengan iblis laknatullah. Sampai ada perintah dari Allah agar menjadikan iblis sebagai musuh, agar berhati-hati dari fitnah dan tipu daya iblis laknatullah.

Nabi ﷺ mengatakan ikutilah keburukan dengan kebaikan, maka kebaikan-kebaikan tersebut akan menghapuskan dosa. Diantara amalan yang dapat menghapuskan dosa adalah; wudhu ke wudhu, shalat ke shalat (shalat 5 waktu), kemudian jumat ke jumat, umroh ke umroh, dan shaum diwaktu special seperti shaum arafah, asyura, dll.

Wallahu A’lam.

Oleh: Ustadz Abu Qotadah Hafidzahullah

Selengkapnya : https://www.youtube.com/watch?v=1CJAVaKzmEc&list=PLyXCQo6xfaLL9inebhrggLBMezak5kpFr&index=2 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here